Selasa, 19 Januari 2010

3D : Dialog, Debat, Diskusi (part 2)

 DEBAT

PENGERTIAN
- Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat dihasilkan melalui voting atau keputusan juri.(sumber: id.wikipedia.org)

- Debat adalah suatu diskusi antara dua orang atau laebih yang berbeda pandangan , dimana antara satu pihak dan pihak yang lain saling menyerang.(sumber : eduscpes.com)

- Debat terjadi di mana unsur emosi banyak berperan. Para peserta di sini lebih banyak hanya hendak mempertahankan pendapatnya dan hanya ada sedikit ruangan dalam batinnya, kalau ada, untuk mendengar dengan baik pendapat orang lain. Suasana menjadi 'ramai' dan sifat diskusi yang damai tidak terjadi. Masing-masing peserta hanya mau 'mendengar' pendapatnya sendiri-sendiri dan berkehendak agar supaya peserta lain menyetujui pendapatnya. Jadi ada unsur pemaksaan kehendak. (sumber : krishnamurti.or.id)

- Debat adalah aktivitas utama dari masyarakat yang demonstratic(sumber : pbs.org)

- Debat adalah sebuah kontes antara dua orang atau grup yang mempresentasikan tentang argument mereka dan berusaha untuk menunmngkan argument dari lawan mereka.(sumber: triviumpursuit.com)

- Debat adalah sebuah metode formal untuk mempresentasikan argument yang terdiri dari argumen yang menyuport issue dan yang menentang issue  yang diangkat
(sumber: thepeoplespeaks.org)

- Menurut saya Debat adalah adu argumentasi antara dua pihak atau lebih dalam mendiskusikan yang berbeda pandangan dalam menanggapi suatu informasi.

Deskripsi Tentang Debat
Tipe – tipe debat memiliki empat tipe antara lain :
•  Parliamentary Debate. Debat yang terjadi di universitas – universitas
•  Lincoln-Douglas Debate (also called value debate) is modeled after the namesake for the activity. In an Illinois election of the mid-1800s, Abe Lincoln and Stephen A. Douglas debated the slavery issue before audiences in different towns around the state. In LD debate two contestants will debate topics centered around moral issues or propositions of value or preference. Here are some examples of topics appropriate for LD debate: capital punishment; abortion; or euthanasia. Typically, all public and private schools will debate the same topic. A new topic is chosen every two months (the topics are chosen by some public school debate organization). The public/private school topic for November and December of 1996 was: Resolved, when in conflict, a business' responsibility to itself ought to be valued above its responsibility to society. The topic for January and February of 1997 is: Resolved, In United State's policy, the principle of universal human rights ought to take precedence over conflicting national interest

•    Cross Examination Debate (also called policy debate or team debate). In this type of debate two teams (two students each ), one representing the affirmative position and one representing the negative position, will debate topics of public or government policy. Here are some examples: Resolved, that chain stores are detrimental to the best interests of the American public (1931); Resolved, that all electric utilities should be governmentally owned and operated (1937); Resolved, that the federal government should own and operate the railroads (1940); and, Resolved, that a federal world government should be established (1943). Typically, all public and private schools will debate the same topic all year long (some public school debate organization picks a new topic each year). The public/private school topic for the 1996-1997 school year is: Resolved, that the federal government should establish a program to substantially reduce juvenile crime in the United States.

• Academic Debate. These are debates of a purely academic nature. An example of this type of debate would be creation/evolution debates.
(sumber : triviumpursuit.com)

Debat mensyaratkan kedewasaan untuk berbeda pendapat. Dengan Debat permasalahan bisa dicari solusinya dengan tepat atau justru memperkaya masalah tertentu dengan masalah baru. Makanya tidak heran, bagi orang yang tidak menyukai masalah, dia sangat engan berdebat. Baginya Diam itu Emas, sedangkan Debat bisa menimbukan Konflik atau minimal debat kusir yang tidak ada juntrungannya. Perlu dicatat, bahwa Dunia ini selamanya adalah konflik. Debat juga proses manajemen konflik antara yang pro dan kontra. Debat adalah sebuah proses  yang menyatakan bagaimana merubah sesuatu yang ada. Debat merubah bagaimana cara berpikir kita. Didunia nyata debat terjadi setiap hari bahkan tapa sadarpun kita bias melakukan sebuah perdebatan. Prosedur dari berdebat mungkin sama saja yang membedakan hanya sisi berpikirnya saja, berad pada sisi yang baik atau sisi yang buruk. (sumber :debate.uvm.edu)

Kata 'debat' dalam pengertian umum dapat dikatakan sebagai 'pembahasa mengenai suatu masalah yang dilakukan secara langsung atau tatap muka dua orang atau lebih yang mengandung adanya pertentangan atau perbedaan pendapat'. Perdebatan itu sendiri bisa dilengkapi dengan panelis dalam bentuk regu. Atau kalau panelis tidak dilibatkan, seorang moderator selain bertindak mengatur lalu lintas pembicaraan, namun juga bisa ikut mendalami masalah atas isuyang sedang dikembangkan. (sumber : waspada.co.id)

Teknik Debat menurut Unicorn beserta langkah-langkahnya.
1.   Semua orang itu tempat salah
•    Memahami yang dimaksud oleh lawan bicara.
•    Memahami yang dituju oleh lawan bicara.
•    Memahami bahwa cara berpikir itu ada berbagai macam.
•    Memahami bahwa tiap-tiap cara berpikir itu ada sisi-sisi lemahnya.
•    Sisi-sisi lemah itu disampaikan untuk kemudian diberi alternatif pemikiran yang berbeda yang lebih kuat argumentasinya.

2.  Teknik 1-2,2-1
•   Ada yang disebut dengan tataran filosofis, konsep, teori, metoda dan praktek.
•   Pahami apakah yang disampaikan oleh lawan bicara itu ada dalam tataran filosofis, konsep, teori, metoda ataukah praktek?
•   Jika lawan bicara berbicara filosofis, maka anda bisa mengajaknya ke tataran konsep, jika lawan bicara berbicara tentang konsep, anda bisa mengajaknya ke tataran metoda, jika lawan bicara berbicara dalam tataran teori, kita bisa ajak lawan bicara pada tataran praktek.
•    Ajaklah lawan berbicara ke tataran yang lain dan yang jauh lebih kita kuasai.

3.  Menembak sasaran dengan senjata lawan
•    Jelaskan apa yang anda maksudkan dan apa yang anda tuju secara singkat.
•    Jelaskan lebih detail lagi dan berikan gambaran serta contoh-contohnya.
•    Sampaikan pendapat anda yang sebenarnya dengan lebih jelas lagi.
•    Sampaikan pendapat lawan bicara anda dengan bahasa anda sendiri yang sesuai dengan pendapat anda sendiri.
•    Maka jadilah pendapat lawan bicara menjadi pendapat anda sendiri.

4.  Memancing harimau keluar dari sarang
•    Tujuan memancing emosi lawan adalah untuk membuyarkan cara berpikir logisnya dan untuk menjatuhkan kredibilitas lawan bicara.
•    Pahami karakter lawan bicara.
•    Pahami hal-hal umum maupun khusus yang bisa memancing emosi lawan bicara.
•    Gunakan untuk memancing emosi tanpa kita sendiri melibatkan emosi.

5.  Memunculkan bunga teratai dari dalam danau.
•    Memahami karakter lawan bicara.
•    Memahami hal-hal yang bisa menimbulkan rasa kasihan baik secara umum maupun secara khusus sesuai lawan bicara.
•    Memunculkan kelemahan diri dan keinginan untuk mendapatkan bantuan.
•    Menerima apa yang disarankan dan disampaikan oleh lawan bicara.
•    Pahami bahwa bantuan saran dari lawan bicara bukanlah menurunkan kredibilitas kita melainkan sebuah keberanian untuk mengambil simpati dari audiens

6.  Menggiring macan ke dalam kampung tinggal kita.
•    Memahami maksud dan tujuan yang diinginkan lawan bicara.
•    Memahami bidang yang kita kuasai.
•    Mengarahkan pembicaraan diawali dari pembicaraan lawan bicara kita untuk secara bertahap digiring kearah materi bidang yang kita kuasai.
•    Jembatan mengarahkan ke bidang yang kita kuasai bisa melalui contoh, anekdot, kisah maupun data-data yang mendukung.

7.  Memancing ikan paus dari dasar samudra
•    Memahami maksud dan tujuan dari lawan bicara.
•    Memahami bidang-bidang yang kita kuasai dan tidak dikuasai oleh lawan bicara.
•    Memberikan informasi yang menarik untuk kemudian dihentikan.
•    Membiarkan rasa penasaran yang muncul dari lawan bicara dan menahan diri kita
untuk tidak meneruskan pembicaraan.

8.  Teknik air bersih mengalir.
•    Memahami maksud dan tujuan dari lawan bicara.
•    Memahami kelemahan-kelemahan yang ada pada lawan bicara kita.
•    Menyampaikan kelemahan-kelemahan yang disampaikan lawan bicara dan resiko serta konsekuensi yang mungkin terjadi jika keinginan lawan bicara itu yang dilaksanakan.
•    Memberikan alternatif lain yang lebih baik, yang lebih kuat kepada lawan bicara kita dengan disertai data-data pendukung yang kuat.

Teknik Debat secara Umum berdasarkan Metodologi Kaderisasi KMHDI
•    Buatlah kalimat/kata-kata yang mudah dimengerti lawan bicara dalam menyampaikan informasi atau memberi penugasan.
•    Check pemahaman anda dengan kata-kata dari lawn bicara, atau mintalah lawan bicara untuk mengklarifikasi apa yang ia katakan.
•    Beri komentar yang menarik atas kata-kata (komentar/usulan) lawan bicara.
•    Teliti usulan lawan bicara pada debat dengan memberi contoh-contoh atau sarankan cara baru untuk melihat suatu masalah.
•    Doronglah debta dengan mempercepat langkah, menggunakan humor, atau jika perlu- dengan sedikit menekan lawan bicara untuk membuat lebih banyak usulan dan masukan.
•    Tolaklah (dengan lembut komentar/usulan lawan bicara yang keluar alur)
•    Kumpulkan ide bersama, tunjukkan kebersamaan satu sama lain.
•    Gubahlah ide bersama debat dengan memberikan alternatif metode, atau ajaklah lawan bicara untuk mengevaluasi hal-hal yang telah muncul dalam debat.
•    Ringkas dan rekam pandangan-pandangan lawan bicara yang muncul.

Yang penting bukan berapa lama kita hidup,
tetapi bagaimana kita hidup.
- untitled -

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar